Senin, 16 April 2012

SYARAT KONEKSI WIFI

Informasi Halaman :
GAMA Computer & Network: SYARAT KONEKSI WIFI
URL : http://gamacomnet.blogspot.com/2012/04/syarat-koneksi-wifi.html

keterangan :
r = area freznel zone
d = jarak antar kedua antenna yang saling terkoneksi (meter)
f = frekuensi (MHz)
d1 = jarak antenna pertama dari penghalang (meter)
d2 = jarak antenna kedua dari penghalang (meter)

Berapakah jarak terjauh antara BTS dan lokasi client?

Jarak terjauh akan tergantung pada daya antena, loss pada kabel antenna, kekuatan pancar radio, sensifitas radio, dan tingkat inteferensi dari radio lain yang menggunakan frekuensi yang sama.
Dengan frekuensi 2,4 GHz, biasanya jarak terjauh yang bisa dicapai adalah 12 kilometer, sedangkan dengan frekuensi 5 GHz, dengan menggunakan antenna solid disc 30db, bisa dicapai jarak 28 km. Lebar bandwidth yang bisa dicapai adalah sekitar 10 mbps dengan uji coba bandwidth test.


Apakah antara BTS dan client harus benar-benar bebas halangan (Line of sight) ?

Ya. Kondisi line of sight mutlak dibutuhkan. Juga perhatikan freznel zone yang dibutuhkan.

Apakah yang dimaksud dengan fresnel zone?

Freznel Zone adalah area di sekitar garis lurus antar alat yang digunakan untuk rambatan gelombang. Area ini juga harus bebas dari gangguan, atau kekuatan signal akan menurun. Sebagai contoh, pada link berjarak 16 km, dengan frekuensi 5,8 GHz, besarnya lingkaran freznel zone di tengah-tengah kedua alat adalah lingkaran dengan radius 8,7 meter, dan 13,6 meter untuk frekuensi 2,4 GHz.

Diambil dari : http://www.mikrotik.co.id/
GAMA Computer & Network Jl. Ahmad Dahlan 11 Gandrungmanis, Kec. Gandrungmangu, Kab. Cilacap. Telp. 02806260571, 085290744477 Alamat Toko : Jl Raya Gandrungmangu - Bantarsari, Komplek Pompan.Telp. 087719767600 email/Y!M : gamacomnet@ymail.com FB : gama_toko@yahoo.com

0 komentar:

Posting Komentar